Jumat, 08 Maret 2019

DESA PAGAK IKUT MERIAHKAN JAMBORE POKDARWIS TINGKAT KABUPATEN PURWOREJO

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pagak Kecamatana Ngombol Kabupaten Purworejo merupakan kelompok yang mengelola daya tarik wisata di lingkungan desa Pagak, Jumat pagi tadi Kelompok sadar wisata Desa Pagak Kecamatan Ngombol mengikuti Pameran Desa Wisata dan Jambore Pokdarwis yang dilaksanakan di Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo. Kegiatan ini mulai dilaksanakan dari tanggal 8-9 Maret 2019.
Acara ini adalah rangkaian acara Festival Wage, yang diadakan untuk mengenang Komposer Indonesia Raya yang lahir di Desa Somongari, Kec. Kaligesing yang lahir pada tanggal 9 Maret 1903. Dalam acara ini, Pokdarwis Pagak yang mewakili Pokdarwis Kecamatan Ngombol juga diberi kesempatan untuk berkompetisi dengan menampilkan potensi wilayahnya di stand pameran yang disediakan dan juga menampilkan atraksi kesenian.
“Pengelolaan wisata harus memperhatikan aspek 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesbilitas) ketiga aspek ini akan menjadi poin penilaian Kelompok Sadar Wisata”, pesan Camat Ngombol Rita Purnama, S.STP. Kepada Desa Wisata Binaannya. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan semangat dan kreatifitas pengelola wisata, dengan memperhatikan sapta pesona, terutama kebersihan lingkungan.
Di stand pameran Wisata Desa Pagak yang dipandu Ketua Pokdarwis Pagak Eka Suwandi telah memaparkan dan menampilkan dokumentasi obyek, aktifitas, makanan khas aneka stik ( ikan, buah naga, daun kelor, krispy undur udur, abon ikan jahan ,naget ikan dll) semua produk hasil olahan ibu - ibu PKK Desa Pagak, souvenir atau kerajinan khas dari bambu, dan kreatifitas yang lainnya. Setelah pemaparan dari saudara Eka dilanjut pagelaran kesenian dolalak putri “Ngundi Rahayu” dengan duarasi 15 menit yang telah ditentukan panitia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar